Atasi Perundungan di Sekolah, Kemendikbud Gelar Sosialisasi Program Roots

Stop school bullying poster. Phones and fingers pointing at schoolgirl surrounded by laughing bullies. Colored flat vector illustration. Vertical.

Ruteng, Info1news.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menyelenggarakan program Roots Indonesia Anti-Perundungan.

Seperti yang diberitakan Tempo pada Jumat (19/5), program itu merupakan program kerja sama antara Puspeka dengan United Nations Children’s Fund (Unicef) Indonesia serta Direktorat SMP, SMA, dan SMK Kemendikbudristek.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengutarakan bahwa Indonesia memiliki urgensi besar untuk segera mengatasi perundungan yang ada di lingkungan satuan pendidikan. Ia menyampaikan hasil Asesmen Nasional 2021 atau Rapor Pendidikan 2022 menunjukkan, sekitar 25 persen peserta didik di Indonesia mengalami berbagai bentuk perundungan, baik fisik, verbal, sosial/relasional, ataupun secara daring (cyberbullying).

“Salah satu upaya yang tengah kami lakukan untuk mengatasi perundungan di satuan pendidikan adalah menerapkan program Roots Indonesia. Sebagai sebuah gerakan tentunya upaya ini harus kita lakukan bersama. Pendidikan yang maju berawal dari sekolah yang bebas dari kekerasan,” ujar Nadiem dalam sambutan pembukaan kegiatan Sosialisasi Program Roots Indonesia Anti Perundungan 2023 pada Selasa, 16 Mei 2023 dilansir dari situs Kemendikbud.

Pemerintah daerah, kata Nadiem, perlu mendukung sekolah yang melakukan program Roots. Nadiem mengatakan warga sekolah harus berkolaborasi mencegah dan menangani tindak kekerasan, orang tua harus menciptakan lingkungan rumah yang aman dan mendorong anak-anak menjadi agen perubahan, dan masyarakat sekitar harus bergotong royong melindungi anak dari kekerasan.

Dampingi Ribuan Sekolah Cegah Perundungan

</p

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *