Daerah

Bupati Manggarai Sampaikan Persoalan Terkait Penyediaan Air Minum di Manggarai

×

Bupati Manggarai Sampaikan Persoalan Terkait Penyediaan Air Minum di Manggarai

Sebarkan artikel ini
Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Habitatnya (berdiri) saat pembukaan kegiatan kick off Surveilans kualitas air minum aman untuk masyarakat di lapangan Motang Rua, Jumat (24/3).

Ruteng, Info1news.com- Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit menyampaikan senumkah persoalan terkait penyediaan air minum di Kabupaten Manggarai pada peringatan Hari Air Sedunia yang berlangsung di lapangan Motang Rua, Jumat (24/3).

Hery dalam sambutanya menyampaikan, terkait air ada dua hal penting yang harus di perhatikan, yakni sumber dan penggunan (sources and uses) air.

Menurut Bupati Hery Nabit, ada dua hal penting ketika berbicara tentang air, yakni sources and uses (sumber dan peggunaannya).

Dia menyampaikan, berdasarkan budaya orang Manggarai, sumber mata air merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan orang Manggarai.

Menurut dia, yang paling penting ketika berbicara soal sumber mata air adalah adanya potensi konflik yang ada pada masyarakat mengingat semakin individualistiknya atau ingat dirinya masyarakat.

Hal tersebut ditunjukkan dengan penguasaan sumber air untuk kepentingan dirinya sendiri, keluarganya, klan-nya (sukunya) dan desanya, dan di luar itu semua, yang memanfaatkan sumber air itu, harus berbayar.

“Dewasa ini orang cendrung ingat diri, bagaimana dia menguasai air untuk dirinya sendiri, untuk klannya, dan untuk desanya, semua itu berbayar. Ketika tidak membayar maka disitu potensi konfliknya. Oleh karena itu maka penting kiranya hari ini kita bahas hal tersebut,” jelasnya.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group