Daerah

Bupati Nabit dan Julie Laiskodat Lepas 23 Ton Kedelai Dari Kajong Reok Barat ke Pulau Jawa

×

Bupati Nabit dan Julie Laiskodat Lepas 23 Ton Kedelai Dari Kajong Reok Barat ke Pulau Jawa

Sebarkan artikel ini

Semua wilayah yang memiliki potensi Kedelai harus diakui secara nasional dan sebagai pemasok komoditi Kedelai untuk indonesia maka desa Kajong juga harus diakui sebagai salah satu lumbung Kedelai di waktu yang akan datang.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengajak petani untuk memanfaatkan lahan pertanian yang ada, jangan sampai ada lahan yang dibiarkan bero (tidak ditanami).

Sementara Untuk mengatasi persoalan harga dan pangsa pasar, Julie Laiskodat menghadirkan langsung Erick Teguh Herwinda sebagai offtaker atau pembeli ke kelompok tani Kedelai di Kajong yang siap membeli Kedelai dengan harga Rp 8.500 per kilo gram (kg), harga tersebut langsung dari petani. Tetapi tidak menutup kemungkinan harga tersebut bisa berubah sampai Rp 9.000 per Kg.

Pada tahun 2022 bulan Agustus, jelas Julie, petani kedelai desa Kajong, meraup pendapatan mencapai Rp 1.887.000.000.

Angka tersebut, kata dia, berdasarkan hitungan luas lahan 1 hektar yang dapat menghasilkan 1,7 ton.

“Yang terjual saat ini oleh kelompok tani Kedelai Desa Kajong mencapai 60 persen, sedangkan sisanya 40 persen dijadikan penangkar dengan harga Rp 15.000 per Kg. Nantinya akan menyebar ke empat kecamatan di Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat” tutup Julie.

Laporan: Wawan

</p

 

 

 

 

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group