Opini

IKN Tonggak Transformasi Peradaban Indonesia

×

IKN Tonggak Transformasi Peradaban Indonesia

Sebarkan artikel ini

Keseriusan Jokowi juga ditunjukkan dari frekuensi kunjungannya ke IKN, Kalimantan Timur. Di tahun ini saja, Jokowi sudah dua kali mengunjungi IKN dengan substansi kunjungan yang cukup monumental.

Pada Maret 2022, Jokowi mengumpulkan para gubernur se-Indonesia sekaligus mengajak mereka untuk berkemah di kawasan perbukitan yang akan menjadi titik nol IKN.

Pada akhir Oktober 2022, Jokowi juga menjajal jalur laut dari Balikpapan menuju Penajam Paser Utara, yang menjadi lokasi IKN, guna menyusuri jalur logistik ibu kota baru.

Penyusuran jalur logistik itu guna memastikan IKN dapat menjadi pusat pertumbuhan baru ekonomi Indonesia.

Jokowi juga menghadiri langsung jajak pasar Ibu Kota Nusantara bertajuk “IKN: Sejarah Baru Peradaban Baru” pada 18 Oktober 2022 di Jakarta.

Dalam forum yang dihadiri investor dalam dan luar negeri itu, Jokowi secara spesifik menawarkan berbagai lokasi di IKN yang potensial dan prospektif untuk menjadi target investasi, sekaligus “menodong” langsung para calon investor untuk segera merealisasikan komitmennya.

Urgensi IKN

Proses pemindahan IKN telah dimulai sejak dimasukkannya proyek bernilai Rp466 triliun ini dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Pada 18 Januari 2022, rapat paripurna DPR mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tentang Ibu Kota Negara.

Melihat keseriusan dan gerak cepat Jokowi, perlu dipahami urgensi pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara.

Jokowi menekankan IKN akan menjadi showcase atau ruang pamer transformasi Indonesia.

IKN yang ditargetkan rampung pada 2045 juga akan sejalan dengan pembangunan menuju cita-cita Indonesia Maju pada 2045. Pada 100 tahun peringatan kemerdekaan Indonesia itu, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi dapat menjadi lima besar dunia. Pada 2045, Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia diproyeksikan sebesar 23.119 dolar AS.

Transformasi ekonomi membutuhkan perubahan konkret di berbagai bidang. Pembangunan IKN menjadi salah satu kendaraan bagi pemerintah untuk mempercepat transformasi itu.

Transformasi itu diwujudkan dengan membangun kota modern, kota pintar, kota ramah lingkungan di IKN untuk masa depan Indonesia.

Karena itu, IKN akan mencerminkan daya dukung infrastruktur yang memadai, regulasi yang efektif, hingga birokrasi yang efisien.

IKN juga akan didukung oleh sumber daya ekonomi hijau dengan pemanfaatan kendaraan listrik dan pembangkit listrik energi baru dan terbarukan, bukan lagi berbahan fosil.

Urgensi yang kedua adalah mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata di seluruh Indonesia, termasuk di kawasan timur.

Selama ini, kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung dikenal sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi. Segala kebijakan nasional juga bersumber dari para elite di Jakarta.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group