Kabar BUMN

Kapal Pengangkut Gas Alam Tiba di Jetty PLTMGU Lombok Peaker, Siap Dukung Kestabilan Pasokan Listrik di Lombok

×

Kapal Pengangkut Gas Alam Tiba di Jetty PLTMGU Lombok Peaker, Siap Dukung Kestabilan Pasokan Listrik di Lombok

Sebarkan artikel ini
Foto : Dok PLN

Mataram, Info1News.com Kapal pengangkut gas alam terkompresi (compressed natural gas/CNG) pertama dan terbesar di dunia, Jayanti Baruna, telah berlabuh di Jetty Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap (PLTMGU) Lombok Peaker, Kecamatan Sekarbela, Mataram, Selasa, 3 September 2024. First cargo kapal berkapasitas 23,38 MMSCF (Juta Standar Kaki Kubik Per Hari) ini diiringi water salute dan horn CNG Vessel sebagai bentuk penyambutan dan penghormatan secara simbolis.

Sandaran pertama CNG Jayanti Baruna di Jetty Lombok Peaker disambut oleh segenap insan PLN, di antaranya Executive Vice President Manajemen Konstruksi Jawa Madura Bali Maluku Papua Nusa Tenggara (EVP MKJ) Ratnasari Sjamsuddin, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), PT PLN (Persero) UIP Jawa Bagian Timur dan Bali, serta PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) NTB.

 

Kapal dengan kategori green Shipping (dapat dioperasikan dengan BBM ataupun gas) ini tiba di Lombok Peaker membawa gas alam terkompresi dari Gresik, Jawa Timur, yang selanjutnya akan melalui serangkaian prosedur sebelum menyuplai energi untuk operasional PLTMGU Lombok Peaker.

 

Kapal pengangkut CNG menyimpan gas alam dalam wadah bertekanan dengan suhu lingkungan. Tidak seperti kapal pengangkut gas alam cair (liquid natural gas/LNG), kapal pengangkut CNG tidak memerlukan peralatan yang mahal seperti fasilitas pencairan (liquefaction) dan terminal regasifikasi.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group