Daerah

Katolik Tiga Kabupaten di Flores Barat Berduka, Mgr Hubert Leteng Tutup Usia! Simak Kisah Pengundurannya

×

Katolik Tiga Kabupaten di Flores Barat Berduka, Mgr Hubert Leteng Tutup Usia! Simak Kisah Pengundurannya

Sebarkan artikel ini

Senada dengan Erik, Romo Lauren Sopang juga membenarkan kabar duka mantan Uskup yang pernah diterpa isu miring itu.

“Pukul 09.00 Wita pagi ini saya ditelpon oleh Bapak Uskup Bandung dengan berita bahwa Uskup Emeritus Mgr. Hubert Leteng meninggal dunia tadi pagi di RS Baromeus Bandung akibat serangan jantung. Selamat jalan Bapak Uskup Hubert, terima kasih atas pengabdianmu bagi gereja, baik sebagai Imam maupun sebagai Uskup” kata Romo Lourens melalui keterangan tertulisnya.

Untuk diketahui mendiang meletakkan jabatannya sebagai Uskup Ruteng pada tahun 2017 lalu setelah dia diterpa isu miring, perselingkuhan dan masalah keuangan.

Sejak tidak lagi sebagai uskup yang memimpim umat Katolik 3 kabupaten di Flores Barat, NTT (Manggarai, Mangggarai Timur dan Manggarai Barat) Mgr. Leteng hijrah ke Jawa Barat tetap sebagai uskup tanpa tongkat. Status tanpa tongkat berarti ia tidak memiliki wilayah kekuasaan gerejawi.

“Setelah mundur dari jabatan Uskup Ruteng, beliau menjadi imam rekan di Paroki Garut, Keuskupan Bandung,” kata Romo Erik Ratu seperti dikutip floressmart.com

Mgr Hubert lahir 1 Januari 1959. Ia ditahbiskan sebagai Imam Keuskupan Ruteng tahun1988 dan menjabat sebagai Uskup Ruteng 2009 – 2017. Almarhum meninggal dalam usia 63 tahun.

</p

 

 

 

 

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group