Daerah

Katolik Tiga Kabupaten di Flores Barat Berduka, Mgr Hubert Leteng Tutup Usia! Simak Kisah Pengundurannya

×

Katolik Tiga Kabupaten di Flores Barat Berduka, Mgr Hubert Leteng Tutup Usia! Simak Kisah Pengundurannya

Sebarkan artikel ini

Ia mengundurkan diri setelah 69 imam di Keuskupan Ruteng menyerahkan surat pengunduran diri sebagai bentuk protes terhadapnya karena ia diduga secara diam-diam meminjam dana Rp 1,25 miliar dari KWI dan Rp 400 juta dari keuskupan tanpa memberikan laporan pertanggungjawaban.

Saat itu ia mengklaim uang itu digunakan untuk membiayai pendidikan pemuda miskin yang studi pilot di Amerika Serikat, tetapi menolak memberikan penjelasan lebih rinci terkait pemuda itu.

Para imam menduga uang itu diberikan kepada seorang wanita yang mereka duga sebagai selingkuhannya. Tudingan perselingkuhan ini awalnya muncul pada tahun 2014, yang diungkap oleh salah seorang mantan pastor.

Hubert pun berulang kali menolak tudingan terhadapnya dan menyebut bahwa itu merupakan fitnah.

Vatikan kemudian menunjuk Uskup Subianto, Uskup Bandung untuk menyelidiki kasus tersebut hingga berujung pada pengunduran Uskup Leteng pada 11 Oktober 2017.

Paus Fransiskus yang menerima surat pengunduran diri Uskup Ruteng Mgr Hubertus Leteng pun akhirnya mengangkat Administrator Apostolik sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis Keuskupan Ruteng, Mgr Silvester San, yang juga Uskup Denpasar.

</p

 

 

 

 

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group