Opini

Kisah Pisang dari Ruteng

×

Kisah Pisang dari Ruteng

Sebarkan artikel ini

Kedua, pelaku UMKM perlu mendapatkan pelatihan dalam mengembangkan produknya. Terus berinovasi menciptakan produk bermutu tinggi. Dari sisi kuantitas atau stok, mampu memenuhi permintaan konsumen. Sekaligus mampu menjaga kualitas produk secara berkesinambungan.

Ketiga, pangsa pasar. Pemerintah daerah dapat membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk yang dihasilkan ke pangsa pasar yang lebih luas. Seperti melibatkan pelaku UMKM pada pameran-pameran produk lokal, kemudahan akses pemasaran produk ke toko/minimarket lokal. Ataupun juga penggunaan internet sebagai alat bantu pemasaran produk ke berbagai wilayah di Indonesia.

Kaum perempuan di Ruteng maupun di Kabupaten Manggarai secara umum memiliki potensi untuk menjadi penggiat UMKM yang berkembang dan maju. Tinggal bagaimana memfasilitasi mereka untuk dapat berdaya saing menghasilkan produk berkualitas.

Itulah sepenggal kisah sederhana tentang pisang dari Ruteng, Kabupaten Manggarai. Kota yang sejuk dan penuh kenangan. Apakah Anda juga punya kisah menarik mengenai Kota Ruteng? Jika belum, berkunjunglah ke Kota Ruteng dan tinggalkan jejak-jejak kisah untuk Anda kenang.

 

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group