Daerah

Manfaat Energi Geothermal Untuk Masyarakat, Potensi Besarnya Ada di Poco Leok

×

Manfaat Energi Geothermal Untuk Masyarakat, Potensi Besarnya Ada di Poco Leok

Sebarkan artikel ini

“kami tentunya dengan tangan terbuka siap menerima masukan dan saran dari segenap stakeholder dan masyarakat luas, karena itu merupakan bagian dari misi kami untuk mewujudkan pembangunan yang berwawasan lingkungan” ucap Dede

Saat ini pembangunan perluasan PLTP Ulumbu di wilayah Poco Leok memasuki tahap pematangan survey topografi untuk mengetahui data empiris awal kepemilikan batas lahan yang diperuntukan untuk sarana jalan masuk dan lokasi eksplorasi (wellpad) di desa Lungar, Kecamatan Satarmese.

Ia mengakui bahwa masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan termasuk kaitannya dengan penolakan masyarakat.

“Kita harus bisa menjelaskan bagaimana panas bumi di Poco Leok nantinya akan dikembangkan dan dikelola. Membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, kita berupaya untuk memastikan masyarakat mendapat informasi tersebut secara lengkap, utuh dan akurat. ” tutup Dede.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Heribertus Geradus Laju Nabit menanggapi aksi penolakan warga Poco Leok terkait rencana pembangunan geothermal ini.

Ia mengatakan, pemerintah hadir dan bersedia mendengar serta menimbang berbagai suara pro kontra dari masyarakat.

Karena itu pemerintah putuskan untuk jalan ke tiap-tiap gendang. Tidak hanya mendengar suara-suara yang setuju tapi juga mendengar suara-suara yang tidak setuju.

“Pemerintah punya niat baik. Yang setuju dan tidak setuju tentu punya alasan demi masa depan. Sehingga hal itulah yang akan kami komunikasikan dengan PLN” jelasnya.

Lebih lanjut bupati terpilih Pilkada serentak 2020 itu menjelaskan bahwa sebagai pemerintah ia akan bertanggung jawab penuh soal isu ini. Untuk itu masyarakat diminta tetap tenang dan jangan terburu-buru mengambil sikap.

Sebab, sebagai pemimpin ia akan bertanggung jawab soal pembangunan di Manggarai juga perlu mengetahui kondisi lapangan secara ril.

“Bahwa ada reaksi atau respon dari masyarakat yah itu perlu kita dengar. Protes ada hal yang normal, hal yang perlu didengar, diserap dan tidak dianggap negatif” ungkapnya.

Ia pun memberikan arahan kepada Camat dan Kepala Desa untuk terus membuka komunikasi dengan masyarakat dan jangan ditutup supaya masyarakat bisa mengetahui tentang tujuan dari rencana pembangunan proyek itu.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group