Menelusuri Gereja Autentik dari Manggarai hingga Yogyakarta sebagai Tempat Pilihan untuk Merayakan Kebahagiaan Natal

Gereja Katedral Lama (Foto : Dok Admin)

Info1News.com – Perjalanan wisata bukan hanya sekedar menikmati panorama alam, ataupun menjelajahi adat dan tradisi. Salah satu bentuk perjalanan wisata yang juga banyak diminati oleh wisatawan adalah wisata religi.

Wisata religi memiliki makna yang sangat luar dalam, kunjungan wisatawan pada destinasi religi melonjak naik saat musim liburan. Terutama jika bertepatan dengan hari raya keagamaan.

Hal ini dirasakan oleh sebagian besar umat nasrani yang ada di Indonesia, beberapa memilih untuk menghabiskan waktu liburan Natal dengan mengunjungi destinasi wisata religi yang unik serta memiliki sejarahnya.

Satu diantaranya adalah gereja yang merupakan tempat ibadah dari para umat nasrani. Beberapa gereja di Indonesia memiliki keunikan dan kharismanya tersendiri.

Apa saja gereja tersebut ? Ini dia rekomendasi gereja autentik yang wajib dikunjungi saat liburan Natal.

1.Gereja Katedral Lama ( Ruteng )

Ruteng sering dikenal dengan sebutan kota seribu gereja. Kota kecil ini hampir sebagian besar di dominasi oleh umat nasrani.

Kota Ruteng memiliki ciri khasnya tersendiri, salah satu wisata religi yang sangat tepat untuk dikunjungi di kota ini adalah Gereja Katedral Lama.

Mengapa disebut dengan kata lama ? Hal di karenakan adanya pembangunan gereja katedral baru yang berada tepat dibelakang gereja katedral lama.

Gereja ini berada ditengah-tengah kota, dan dibangun sejak tahun 1929, uniknya arsitektur gereja ini sangat kental dengan nuansa eropa.

Bangunannya pun masih sangat kokoh, walaupun terdapat beberapa perbaikan pada bagian yang rusak.

Lingkungan sekitar gereja diapit oleh dua bangunan biara, serta sekolah-sekolah swasta katolik yang juga termasuk dalam satu kesatuan dari gereja tua ini.

Sembari menjelajahi gereja autentik ini, pengunjung juga dapat mengunjungi salah satu aset religi yang berada diseberang jalan dari gereja Katedral Lama yakni Gua Maria.

Gua ini masih sangat asri dan tenang walaupun berada sangat dekat dengan jalan umum.

2.Gereja Hati Kudus Yesus ( Yogyakarta )

Kota yang dikenal dengan julukan kota pelajar ini kaya akan beragam objek wisata.

Baik panorama alam, tradisi, serta religi. Salah satu wisata religi yang menjadikan kota ini banjir wisatawan adalah Gereja Hati Kudus Yesus.

Gereja yang berada pada kawasan selatan kota Yogyakarta ini sering dikenal dengan Ganjuran, tentu saja karena bangunan gereja unik ini berada pada wilayah Ganjuran,Bantul.

Gereja ini dibangun pada 16, April 1924 oleh keluarga salah satu pengusaha gula yakni keluarga Schmutzer. Pada tahun 2006 akibat terjadinya gempa bumi yang melanda kota Yogyakarta, bangunan gereja pun ikut roboh,sehingga setelah itu kembali dibangun dan mengalami banyak perubahan.

Pembaharuan bangunan ini tentu saja tidak menghilangkan suasana ketenangan, budaya, serta nuansa alam yang menyatu dengan sempurna, sehingga menjadikan tempat ini sebagai tempat terbaik untuk beribadah.

3.Gereja Merah ( Kediri )

</p

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *