Wisata

Menyusuri Jejak Kain Tenun Ikat Lopo Lorun, Pesona Warisan Tradisional yang Wajib Dilestarikan

×

Menyusuri Jejak Kain Tenun Ikat Lopo Lorun, Pesona Warisan Tradisional yang Wajib Dilestarikan

Sebarkan artikel ini
Aktifitas ibu-ibu penenun yang sedang memilah kapas, dan wisatawan yang sedang berfoto ria menggunakan kain tenun dari Lopo Lorun ( Foto : Instagram @Bernaduss,dan Claudianovela)

Info1News. com –  Lopo Lorun adalah salah satu sentra industri lokal yang memperkenalkan dan menjaga kebudayaan hingga saat ini.

Lopo Lorun termasuk dalam kekayaan budaya yang berada di kawasan Flores, tepatnya di Desa Nita, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tujuan dari didirikannya Lopo Lorun  pun jelas sebagai salah satu bentuk dan cara untuk tetap melestarikan budaya setempat, berupa kain tenun.

Serta dengan harapan sentra industri Lopo Lorun juga dapat dikenal oleh khalayak luas, baik warga lokal,luar kota, serta mancanegara.

Benar saja saat ini harapan tersebut menjadi sebuah kenyataan.  Lopo Lorun dapat menjadi salah satu destinasi wisata favorite baik bagi wisatawan domestik, hingga wisatawan asing.

Apa saja keunikan sentra industri lokal ini hingga mampu menarik perhatian wisatawan ? Yuk kita jelajahi bersama.

Lopo Lorun didirikan oleh seorang wanita hebat, asli sika yang bernama Alfonsa Horeng. Beliau mendirikan sentra industri tenun ikat ini pada tahun 2004.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group