Kesehatan

Nama dr. Ben Mboi Diabadikan Lagi untuk Rumah Sakit di NTT

×

Nama dr. Ben Mboi Diabadikan Lagi untuk Rumah Sakit di NTT

Sebarkan artikel ini

Dan besoknya, demikian dr. Tridi Sudirga, dokter Ben Mboi, meninggal dan heboh. Semua media datang dan menulis sosok seorang dokter yang bernama lengkap Aloysius Benedictus Mboi, putra Manggarai-NTT. Dan setelah dokter Ben Mboi meninggal, pemerintah daerah yang minta nama Ben Mboi dijadikan Rumah Sakit adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai. Keluarga sempat bingung karena beliau (dr. Ben Mboi; red) tidak mau disebut pahlawan.

“Lalu apa yang baik yang harus kita lakukan? Kebanyakan saran, bahwa bukan sebagai pahlawan tetap sebagai contoh. Berapa banyak orang NTT yang bisa menguasai 7 (tujuh) Bahasa seperti beliau? Jadi dokter Ben adalah contoh, contoh untuk generasi selanjutnya,” kata dokter Tridi Sudirga yang saat itu juga menyerahkan buku biografi tentang dr. Ben Mboi dan Nafsiah Mboi kepada Menkes Budi.

RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Ganti  Nama

Sementara itu Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit kepada media usai menghadiri dan meninjau fasilitas RSUP menjelaskan bahwa dengan peresmian RSUP dr. Ben Mboi oleh Menkes RI, maka nama RSUD Ben Ben Mboi di Ruteng untuk sementara menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruteng.

Pengalihan nama tersebut telah melalui proses yang panjang dan cukup rumit bersama Kemenkes RI didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena.

Pemkab Manggarai jelas Bupati Hery Nabit tentu tidak keberatan jika nama dr. Ben Mboi dijadikan nama RSUP di Kupang. Karena bagimanapun dr. Ben Mboi merupakan tokoh nasional dan memiliki jasa dan sepengaruh yang sangat besar baik untuk nasional maupun untuk NTT.

Sebagaimana disampaikan oleh dr. Tridi Surdirga (putri kandung dokter Ben Mboi) bahwa adalah contoh yang bisa menjadi teladan untuk semua, terutama untuk generasi di Provinsi NTT.

(*/gregorius setiawan/aka) 

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group