NasionalPolitik

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub DI Yogyakarta, ini Profil Mereka:

×

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub DI Yogyakarta, ini Profil Mereka:

Sebarkan artikel ini

Ruteng, Info1news.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta Periode 2022-2027, pada Senin (10/10/2022) di istana negara.

Informasi pelantikan gubernur dan Wagub DI Yogyakarta tersebut diketahui melalui cuitannya di twitter milik Presiden Joko Widodo yaitu @jokowi, Senin siang.

“Hari ini saya melantik Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bapak KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta periode 2022-2027,” demikian cuitan @jokowi.

Sebagai informasi, jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode ini berakhir pada 10 Oktober 2022. Selanjutnya, Sultan dan Paku Alam yang bertakhta dan dilantik sebagai pasangan kepala daerah DIY tanpa pemilihan umum seperti halnya daerah lain.

Ini sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Keistimewaan DIY Nomor 13 Tahun 2012, di mana jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dilakukan dengan penetapan, bukan pemilihan.

Biodata Gubernur dan Wagub DIY

Berikut ini informasi biodata Sri Sultan Hamengku Buwono X yang bertakhta dan dilantik kembali sebagai Gubernur DIY untuk periode selanjutnya, seperti dilansir situs resmi DIY.

Sri Sultan Hamengku Buwono X:

Nama Lengkap: BRM. Herjuno Darpito / KGPH. Mangkubumi

Jumeneng Dalem: Sri Sultan Hamengku Buwono X

Gelar: Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Hingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono, Senapati Hing Ngalaga Ngabdurrahman Sayidin Panat Agama Kalifatullah Hingkang Jumeneng Kaping Sedoso

Jabatan: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 2 Maret 1946

Agama: Islam

Riwayat Pendidikan:

S1 Fakultas Hukum, Jurusan Ketatanegaraan, di Universitas Gajah Mada (UGM) (1982)

SLTA Negeri 6, Yogyakarta (1965-1966)

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group