Daerah

Sibat Kelurahan Baru Gandeng SMPK Tribhakti Reo Hijaukan Lahan Gundul di Pantai Nanga Banda

×

Sibat Kelurahan Baru Gandeng SMPK Tribhakti Reo Hijaukan Lahan Gundul di Pantai Nanga Banda

Sebarkan artikel ini

Manggarai, Info1news.comRasa kepedulian tinggi ditunjukan tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Baru dan SMPK Tribhakti Reo. Mereka menghijaukan kembali lahan gundul di Pantai Nanga Banda, Kecamatan Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/4/2023).

Dalam kegiatan reboisasi itu mereka menanam kurang lebih 2.500 anakan pohon yang terdiri dari tiga varietas, yakni tengar, buta-buta dan taruntum.

Sejak pagi hingga siang hari mereka berjibaku dengan lumpur menanam sebanyak 2.500 anakan di sepanjang lahan gundul pantai nanga banda. Guru yang mendampingi siswa SMPK Tribhakti Reo juga ikut berjibaku dengan lumpur menanam anakan pohon, meski menggunakan alat seadanya.

Anggota tim Sibat Kelurahan Baru, Gaspar Riberu mengatakan, anakan pohon yang terdiri dari tiga jenis varietas itu disediakan oleh tim Sibat sendiri. Dalam proses penghijauan atau reboisasi pihaknya melibatkan SMPK Tribhakti untuk bekerja sama.

Anakan pohon tersebut, kata Gaspar, diperoleh dari hutan dan dari tanaman-tanaman yang tumbuh liar di pinggir pantai. Sangat mudah mendapatkan anakan itu, namun butuh proses panjang sebelum melakukan reboisasi.

Ia pun menyampaikan beberapa langkah yang dilakukan tim Sibat Kelurahan Baru sebelum mengundang SMPK Tribhakti melakukan reboisasi. Yang pertama, tanaman tersebut disemai dalam koker lalu dibawa ke rumah bibit. Hal ini dilakukan untuk melihat usia dan jangka waktu tanaman.

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group