Daerah

Tanam Anakan Waru Ide Cemerlang Dua Orang Pokdarwis Cegah Erosi DAS Waepesi

×

Tanam Anakan Waru Ide Cemerlang Dua Orang Pokdarwis Cegah Erosi DAS Waepesi

Sebarkan artikel ini

Reo, Info1news.com – Ide cemerlang muncul dari benak dua orang Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka adalah Gaspar Riberu dan Yosef Andi Karpus

Dua orang Pokdarwis ini bergulat dengan lumpur seharian sembari menanam anakan waru di Daerah Aliras Sungai (DAS) Waepesi kurang lebih 14-15 meter.

Bagi mereka, ini merupakan sebuah ajakan untuk menghidupkan kembali alam dan mencegah ancaman erosi.

Di Sungai Waepesi terdapat satu DAS strategis yang cocok ditanami anakan waru, yakni bagian timur arah Kampung Gongger, Desa Satar Punda Barat Kecamatan Lamba Leda Utara.

Letak lokasi ini berada pada ketinggian tanah berair sehingga mudah terjadi pengikisan. Karena itu dua orang Pokdarwis yang mempunyai kepedulian terhadap kawasan tersebut tergerak untuk berbuat sesuatu demi mencegah ancaman erosi.

Mereka menanam kurang lebih 20 anakan waru. Sebagian ditanam persis dekat bibir sungai dan sebagian lainnya ditanam di atas bukit.

Bermodalkan alat seadanya, Gaspar dan Yosef seakan ingin membuktikan bahwa DAS sungai Waepesi tidak akan terjadi erosi jika semua bantaran dipenuhi pohon waru.

“Waru ini fungsinya sebagai pelindung karena memiliki kemampuan bertahan yang tinggi terhadap kondisi DAS dari ancaman erosi” kata Gaspar ketika diwawancarai Info1news.com, Kamis (30/3/2023).

</p

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Toe Manga Seng Koe By. Swara Net Group